MENGENAL LEBIH DALAM PRODUK BODYWASH LIFEBOUY

 

Sabun Lifebouy

Sabun Lifebouy sendiri merupakan umbrella brand dari Unilever, Lifebuoy adalah salah satu sabun dengan merek tertua yaitu diluncurkan pada tahun 1894 di Inggris memiliki beberapa varian diantaranya  adalah Mild Care , Lemon Fresh, Cool Fresh ,Clear skin, Kasturi dan lain sebagainya
Formula khusus pada sabun Lifebuoy mildcare mengandung kebaikan alami susu dan oat yang membuat kulit halus dan lembut. Formula mutakhirnya dirancang lembut bagi kulit sensitif sambil terus menjaganya tetap sehat dan melindunginya dari kuman.



A.   Kekuatan (Strengths)

- Dengan menampilkan model-model tipikal muda, berkulit putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan) untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima si model iklan dalam produk tersebut.

- PT Unilever gencar di media social sehingga kedekatan dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan ditengah pasar yang kompetitif

- Perencanaan baik dan kerjasama erat dengan para pemasok, konsumen dan distributor untuk menghantarkan produk-produk dari pabrik ke tempat-tempat penjualan.

- PT Unilever sudah memiliki jaringan distribusi sendiri sehingga distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani.

-  Kesadaran konsumen yang tinggi untuk merek Lifebuoy



 

B. Kelemahan (Weaknesses)

-.Tidak dianggap sebagai sabun kecantikan, dan terutama digunakan hanya untuk mencuci tangan

- Awalnya diposisikan sebagai sabun maskulin, yang akhirnya berubah menjadi sabun keluarga.

 

C. Kesempatan (Opportunities)

- Menyampaikan pendidikan tentang pentingnya mencuci tangan untuk mencegah penyebaran kuman

- Digunakan wabah global seperti flu babi untuk lebih mempromosikan produk untuk kebersihan dan perlindungan yang lebih baik

- Pertumbuhan ekonomi yang kuat di pulau-pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

- Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki cara produksi  yang baik.

D. Ancaman (Threats)

- Merek pesaing yang menawarkan tingkat perlindungan yang sama

- Melemahnya daya beli konsumen.

- Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk tredisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri.

- Produk pesaing dengan harga lebih rendah.

- Dianggap sebagai produk low-end, dan mungkin merasa sulit untuk naik di segmen ini

 

4P sabun lifebuoy:



-Product, Lifebuoy sendiri merupakan umbrella brand dari Unilever, Lifebuoy adalah salah satu sabun dengan merek tertua yaitu diluncurkan pada tahun 1894 di Inggris lalu sabun Lifebuoy berkelana keseluruh dunia. Kini sabun Lifebuoy memiliki 10 varian, sabun batang Lifebuoy total 10 dirancang dengan penampilan yang lebih dinamis sehingga mudah untuk digenggam. Tim Lifebuoy pun telah mengembangkan formula baru yang memberikan perlindungan terhadap kuman ,wangi yang fresh dan modern untuk sabun anti bakterial

-Price, untuk harga sabun batang Lifebuoy total 10 ini sangatlah ekonomis sekitar Rp.3000. harga ini adalah harga yang sangat ramah dikantong semua kalangan

-Place, sabun batang Lifebuoy ini sangat mudah ditemukan, banyak swalayan maupun warung klontongan yang menyediakan sabun Lifebuoy ini. Jadi para konsumen tidak perlu khawatir jika sabun total 10 nya habis.

-Promotion, promosi yang dilakukan untuk mengenalkan sabun Lifebuoy ini sangatlah gencar-gencaran seperti iklan di televisi yang dibintangi oleh Titi Kamal dan Christian Soegiono,  dan ada pun iklan pada sosial media . Lalu sabun Lifebuoy juga mempromosikan melalui sales promotion yang biasanya berada pada swalayan seperti memperkenalkan sabun terbarunya yang varian kasturi pada saat bulan ramadhan.



Lifebuoy memiliki kampanye cuci tangan dengan sabun kepada anak-anak sekolah dan memiliki program meningkatkan kesehatan dan kebersihan yang masih berlangsung sampai sekarang di negara seperti India, Bangladesh, Pakistan, Sri lanka, Indonesia dan Vietnam

Komentar