MENGENAL LEBIH DALAM PRODUK BODYWASH LIFEBOUY
Sabun
Lifebouy
Sabun Lifebouy sendiri
merupakan umbrella brand dari Unilever, Lifebuoy adalah salah satu sabun dengan
merek tertua yaitu diluncurkan pada tahun 1894 di Inggris memiliki beberapa varian diantaranya adalah Mild Care , Lemon Fresh, Cool Fresh
,Clear skin, Kasturi dan lain sebagainya
Formula khusus pada sabun Lifebuoy mildcare mengandung kebaikan alami susu dan
oat yang membuat kulit halus dan lembut. Formula mutakhirnya dirancang lembut
bagi kulit sensitif sambil terus menjaganya tetap sehat dan melindunginya dari
kuman.
A. Kekuatan
(Strengths)
- Dengan menampilkan model-model tipikal muda, berkulit
putih, berambut panjang sehingga memacu konsumen (lebih spesifik perempuan)
untuk membeli produk tersebut agar dapat mengalami sendiri hasil yang diterima
si model iklan dalam produk tersebut.
- PT Unilever gencar di media social sehingga kedekatan
dengan konsumen dapat terus terjaga. Hal ini terlihat dari pembelanjaan iklan
dan promosi yang telah mendorong pertumbuhan penjualan ditengah pasar yang
kompetitif
- Perencanaan baik dan kerjasama erat dengan para pemasok,
konsumen dan distributor untuk menghantarkan produk-produk dari pabrik ke
tempat-tempat penjualan.
- PT Unilever sudah memiliki jaringan distribusi sendiri
sehingga distribusi produknya hingga ke daerah-daerah dapat terlayani.
- Kesadaran konsumen
yang tinggi untuk merek Lifebuoy
B. Kelemahan (Weaknesses)
-.Tidak dianggap sebagai sabun kecantikan, dan terutama
digunakan hanya untuk mencuci tangan
- Awalnya diposisikan sebagai sabun maskulin, yang akhirnya
berubah menjadi sabun keluarga.
C. Kesempatan (Opportunities)
- Menyampaikan pendidikan tentang pentingnya mencuci tangan
untuk mencegah penyebaran kuman
- Digunakan wabah global seperti flu babi untuk lebih
mempromosikan produk untuk kebersihan dan perlindungan yang lebih baik
- Pertumbuhan ekonomi yang kuat di pulau-pulau seperti
Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
- Banyaknya pemain pasar nasional yang belum memiliki cara
produksi yang baik.
D. Ancaman (Threats)
- Merek pesaing yang menawarkan tingkat perlindungan yang
sama
- Melemahnya daya beli konsumen.
- Adanya trend perubahan gaya hidup masyarakat dari produk
tredisional-nasional menjadi produk-produk luar negeri.
- Produk pesaing dengan harga lebih rendah.
- Dianggap sebagai produk low-end, dan mungkin merasa sulit
untuk naik di segmen ini
4P sabun lifebuoy:
-Product, Lifebuoy sendiri
merupakan umbrella brand dari Unilever, Lifebuoy adalah salah satu sabun dengan
merek tertua yaitu diluncurkan pada tahun 1894 di Inggris lalu sabun Lifebuoy
berkelana keseluruh dunia. Kini sabun Lifebuoy memiliki 10 varian, sabun batang
Lifebuoy total 10 dirancang dengan penampilan yang lebih dinamis sehingga mudah
untuk digenggam. Tim Lifebuoy pun telah mengembangkan formula baru yang
memberikan perlindungan terhadap kuman ,wangi yang fresh dan modern untuk sabun
anti bakterial
-Price, untuk harga sabun
batang Lifebuoy total 10 ini sangatlah ekonomis sekitar Rp.3000. harga ini
adalah harga yang sangat ramah dikantong semua kalangan
-Place, sabun batang Lifebuoy
ini sangat mudah ditemukan, banyak swalayan maupun warung klontongan yang
menyediakan sabun Lifebuoy ini. Jadi para konsumen tidak perlu khawatir jika
sabun total 10 nya habis.
-Promotion, promosi yang
dilakukan untuk mengenalkan sabun Lifebuoy ini sangatlah gencar-gencaran
seperti iklan di televisi yang dibintangi oleh Titi Kamal dan Christian
Soegiono, dan ada pun iklan pada sosial
media . Lalu sabun Lifebuoy juga mempromosikan melalui sales promotion yang
biasanya berada pada swalayan seperti memperkenalkan sabun terbarunya yang varian
kasturi pada saat bulan ramadhan.
Lifebuoy memiliki kampanye cuci tangan dengan sabun kepada
anak-anak sekolah dan memiliki program meningkatkan kesehatan dan kebersihan
yang masih berlangsung sampai sekarang di negara seperti India, Bangladesh,
Pakistan, Sri lanka, Indonesia dan Vietnam
Komentar
Posting Komentar